Jumat, 06 Mei 2011

0 Membuat Pancoran Bambu



Bismillahirohmanirrahim,
Mohon maaf baru posting lagi di karenakan kesibukan saya yang cukup menyita waktu, Posting saya kali ini mencoba membuat objek pancoran bambu, dimana objek ini di buat menggunakan perintah - perintah Editable spline, Modifier Lathe dan teknik menggunakan proses boolean subtract (B-A),  adapun untuk proses pemberian material saya mecoba menggunakan material, lighting dan rendering  V-ray untuk 3D max 2009.

Buat dua buah objek box yang pertama dengan ukuran lenght, weight = 20 cm, height= 40 cm, kemudian tekan f12 untuk menyimpan objek kotak ini pada posisi x=0, y =0, z=0, dan yang ke dua berukuran  lenght, weight = 30 cm, height = 10 cm  dan posisikan pada x=0, y=0, z = 40.



Klik pada front viewports kemudian jalankan perintah Alt+W, lalu buatlah objek seperti contoh di bawah dengan menggunakan perintah Line (klik create -- shape-- line).  Edilah objek tersebut dengan modus pengeditan spline berilah nilai outline sebesar 0.5 cm.


selanjutnya klik pada modifier -- modifier list -- lathe, dan dengan mengedit pada axisnya bentuklah objek tersebut menjadi sebuah objek guci seperti contoh.




Simpan objek tersebut di atas objek sebelumnya, kemudian jalankan perintah group (pilih seluruh objek, klik menu group -- group).

Sekarang tahapan pembuatan objek bambunya,  Aktifkan modus snap toogle grid line (klik kanan snap togle, ceklis pada kotak grid point, klik kembali snap toglenya agar aktif). Buatlah objek  garis seperti contoh dibawah sedangkan besarnya bandingkan saja  dengan objek di sampingnya.



Lakukan pengeditan objek line tersebut dengan modus pengeditan segment, kemudian berikan nilai 3 pada kotak isian divide, dan klik divide.

Pindah ke modus pengeditan vertex, geser vertex bagian atas dan bawah rapatkan pada vertext tengah seperti contoh, seleksi pada vertex atas klik kanan mouse ceklis pilihan bezier kemudian geser handle vertex bagian atas ke arah kiri , laukan pula pada vertex sebelah bawah dan jadikan seperti pada contoh, sedangkan vertex bagian tengah geser pula ke arah kiri.


Buat kembali vertex serupa pada segment bagian bawah sehingga objek menjadi seperti berikut.


Pada modifier aktifkan modus editing spline, pilih objek kemudian berikan nilai outline sebesar 0.5 cm lalu berikan modifier lathe.

Buat objek line dan beri modifier extrude seperti contoh dengan nilai extude di kira - kira saja sehingga kalau di lihat di top viewport tampak melintasi objek bambu.
Pilih objek line extrude, jalankan perintah subtract B - A dengan cara klik create -- geometri -- (klik tanda panah kebawah di samping kanan Standar primitif - pilih boolean) -- boolean -- pastikan pilihan subtraction (B-A) dalam keadaan terpilih--- klik  pick operan B -- klik pada objek bambu.


Ok hasilnya sekarang tampak seperti pada gambar1, kemudian lakukan hal yang sama untuk membuat objek - objek bambau berikutnya dan posiikan seperti pada gambar 2 di bawah, saran saya gunakan proses tranformasi Select & Move, Scale dan Rotate, dan untuk alasnya gunakan perintah plane

 gambar 1



gambar 2 

  bersambung ......

Pengikut