Sabtu, 26 Februari 2011

0 Mengenal jenis objek pada corel Draw

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. (http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis)
Untuk itulah saya mencoba mamaparkan jenis dari bentuk - bentuk visual grafis pada corel draw.

1. Shape Object
Objek yang terbentuk merupakan objek - objek yang instans di sediakan oleh coreldraw, seperti yang di hasilkan oleh tool sebagai berikut : Rectanggle Tool, Ellipse Tool, Polygon tool, Basic Shape Tool. Cara membuanya adalah , klik salah satu tool misalkan Rectanggle Tool, lalu buatlah objek kotak dengan teknik klik & drag pada bidag gambar. Untuk mengontrol bentuknya kita bisa menyertakan tombol Ctrl(tahan pada keyboard). Jika kita hendak mengeditnya menggunakan Shape tool, alangkah baiknya jika objek shape ini di berikan perintah Convert to Curve (ctrl+Q)terlebih dahulu.
2. Objek Curve.
Objek jenis ini merupakan objek dasar ketika kita menggambar menggunakan coreldraw, dengan objek ini kita dapat leluasa (fleksible) melakukan penggambaran dan pengeditan menggunakan shape tool. Objek ini di dihasilkan menggunakan perintah - perintah Freehand Tool, Bezier Tool (atau seluruh objek yang ada pada kelompok ini), Dan objek shape yang telah di berikan perintah convert to curve.

3. Text Objek
Pada Coreldraw terdapat dua jenis objek text, pertama adalah Artistik Text dan kedua adalah Paragraf Text. Perbedaannya adalah terletak hanya pada peruntukannya, artistik text biasanya di gunakan pada pembuatan judul, Art Text, Logo, sedangkan Paragraf text di gunakan jika kita hendah membuat satu paragraf yang memiliki banyak kata pada paragrafnya. 4. Raster (Bitmap) Object. Objek ini di hasilkan dari proses convert to bitmap pada objek shape atau curve, pemindaian oleh kamera digital, scaner, atau software pengolah citra bitmap seperti Photoshop dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut