Jumat, 22 April 2011

0 Membuat Balkon dan Railing dengan 3Dmax

I.        Membuat Balkon
Pada top viewport  buat objek box dengan ukuran sebagai berikut  length=400,width= 380, height = 20,  dan beri segmen pada length seg = 3, width seg =3.
 
Aktifkan osnaps toggle  endpoint,midpoint  dan Pivot  dengan cara klik kanan pada  tombol snaps toggle kemudian ceklis modus endpoint,midpoint dan pivot.


Aktifkan snap toggle, pindahkan Gizmo pada posisi vertex box sebelah kiri bawah, caranya klik  Create – Hierarchy – Pivot – Affect Pivot only  lalu sorot gizmonya sampai muncul tanda snap pivotnya geser menuju vertex box sebelah kiri bawah, klik kembali snaps toggle untuk menonaktifkannya.

Seleksi objek box tadi dengan select and move, kemudian tekan  F12 pada keyboard  sehingga muncul kotak dialog move transform type in, masukan  nilai 0 pada absolute word   X dan Y  kemudian tekan enter.

Klik kanan pada objek box kemudian pilih convert to – convert to editable mesh sehingga status objek box berubah menjadi objek mesh.  Klik pada tab modifier lalu klik tanda (+) di sebelah  kiri editable mesh dan pilih vertex untuk mengaktifkan modus pengeditan vertex.

Pilih seluruh vertex baris pertama , tekan f12  masukan nilai 5 pada Y absolute word, lakukan lagi cara yang sama pada vertex baris ke-2  masukan nilai 20 pada y absolute wordnya.

Sekarang pada vertex arah vertical, seleksi seluruh vertex pada kolom ke 2  pindahkan pada posisi x =375 absolute word, dan vertex pada baris pertama pada posisi x  = 360.


Pindahlah pada perspektif viewport, aktifkan modus polygon editing pada panel modifier, pilih beberapa polygon pada objek seperti dicontohkan dibawah.


masukan nilai extrude sebesar  10.


Gunakan  orbit untuk melihat polygon bagian bawah objek, lakukan pula proses pemilihan polygon pada bagian bawah tersebut dan berikan nilai extrude yang sama .


Dan hasil akhirnya akan tampak seperti berikut.


II. Membuat Railing.

Aktifkan snaps toggle midpoint, buat objek shape line , di awali dari posisi seperti yang di contohkan di bawah.
 

Berpindah ke top viewport, kemudian aktifkan modus editing vertex pada modifier line lalu pilih dua vertex seperti yang di contohkan , lalu tekan f12 untuk memindahkan posisi vertex pada posisi X = 7.5 offset screen.
 
Kembali pindah pada  perspektif viewport, seleksi objek line yang baru di buat klik kanan mouse kemudian pilih hide unselected.  Lakukan proses pengcopyan pada objek line dan dimpan pada posisi sumbu z  sebesar  135.
 
Buat objek cylinder dengan ukuran sebagai berikut : Radius = 3 , height = 100. Seleksi objek cylinder yang baru di buat kemudian jalankan perintah Spacing tool, untuk menjalankan perintah ini  klik pada tool – align – spacing tool, atau tekan Shift I pada keyboard, sampai muncul kotak dialognya.  Klik pick path lalu klik garis objek yang berada di bawah,  masukan nilai 31 pada count parameternya, dan klik apply


Di top viewport buat objek shape circle dengan radius 4 cm,  pilih objek line yang ada di posisi atas, jalankan perintah lofting dengan cara, klik create – geometry – compound object – Loft --- get shape --- klik pada objek circle tadi.



Hilangkan objek – objek cylinder yang berada di masing – masing ujung dan objek cylinder yang tidak menempel ke pathnya, sehingga hasilnya akan Nampak seperti contoh di bawah.


Copy objek lofting yang tadi di buat kemudian simpan pada posisi objek line bawah. Selanjutnya seleksi seluruh objek  lalu group dan beri nama railing.  Klik kanan mouse lalu pilih unhide all sehingga semua objek akan muncul semua. 
Pindahkan objek group railing pada posisi Z = 89, sehingga objek keseluruhan akan tampak seperti di bawah ini.

Simpanlah objek ini dengan nama balkon.max

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut