Sabtu, 02 April 2011

0 Penggunaan Layer

Layer
Layer sering digunakan sebagai media untuk menandai  kelompok objek, dengan layer kelompok objek bisa di beri ciri berdasarkan warna, jenis garis.

Membuat Layer.
Untuk membuat Layer kita harus menjalankan Layer Properties, dan perintah untuk menjalankan Layer Properties kita bisa ketikan pada command line perintah Layer lalu tekan enter, kemudian setelah muncul kotak dialog layer properties klik ikon creat new layer, berinama layer tersebut dengan As, pada tab colour ganti warnanya menjadi kuning, terakhir klik tab linetype dan load jenis garis yang baru.

"Command : Layer" ---entr


Memberi Layer pada object.
Layer 0 adalah layer yang secara otomatis disediakan autocad, sebelum kita membuat layer baru ketika kita melakukan proses penggambaran maka seluruh objek aktif di layer 0 (karena layer 0 merupakan current layer), untuk itu setelah layer baru di buat (layer as) maka kita harus pasangkan pada objek yang kita pilih.
Pilihlah objek yang telah di buat, kemudian  klik pada layer control dan pilih layer as.

Menggunakan Current Layer.
Buatlah layer baru dan beri nama Dinding. Ada dua cara mengaktifkan current layer, pertama pada layer property pilih layer yang ingin di aktifkan ( layer layer dinding) kemudian klik pada symbol ceklis berwarna hijau, lalu keluar dari layer property.  Perhatikan pada layer control sekarang yang aktif adalah layer dinding. Cara ke dua adalah dengan cara memilih langsung layer pada layer control.
Jika layer bersatus current maka layer tersebut tidak dapat dihapus, di freze, ataupun di hide.  Sebagai contoh di bawah saya akan mengaplikasikannya pada pembuatan dinding dengan perintah multiline.


Menyembunyikan Layer dengan Freeze or Thaw Layer dan Turn a  Layer on or off
Ketika pekerjaan kita terasa sudah sedemikian komplex, maka kita dapat menyembunyikan beberapa kelompok layer yang sedang tidak digunakan dengan perintah Freze or Thaw layer atau dengan Turn on/off Layer.
Misalkan kita hendak menyembunyikan layer As, klik  pada layer control pilih layer as lalu klik ikon Freze or Thaw atau ikon Turn a layer on or off.


Mengunci Layer dengan Lock Layer.
Terakhir, untuk mengunci layer klik saya ikon lock layer pada layer yang bersangkutan. misalkan kita hendak mengunci layer dinding, pilihlah layer dinding kemudian klik ikon lock layernya. Coba sebagai testnya hapus objek dindingnya.... bagai mana ? bisa hilang tidak !..

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut